keuntungan dan cara menggunakan kusen alumunium

apasih keuntunganya mengunakan kusen alumunium ........??????

Keuntungan dan Cara Menggunakan Kusen Alumunium

Munculnya wacana pembatasan dalam penggunaan kayu yang diambil secara langsung dari alam telah menyebabkan terjadinya perubahan konsep desain rumah hunian. Misalnya saat ini sudah ada yang mulai memakai alumunium sebagai pengganti kayu untuk membuat kusen pada pintu dan jendela atau beberapa element yang lain. Padahal sebelum ini kusen alumunium lebih sering diaplikasikan pada bangunan perkantoran.Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat bila mau membuat kusen dari alumunium. Bahan ini punya daya tahan yang lebih kuat dan dijamin tidak bisa mengalami keropos seperti bahan kusen dari kayu. Apalagi alumunium tidak bisa dimakan oleh rayap. Bahkan binatang pengerat tersebut tidak akan mau tinggal di kusen berbahan alumunium.Jika terjadi perubahan cuaca, bentuknya juga tidak akan mengalami perubahan seperti menyusut, melengkung atau mengalami pergerseran tempat. Bentuk alumunium bersifat lebih stabil, bahkan ketika datang cuaca yang ekstrim sekalipun. Selain itu jika terjadi bencana kebakaran misalnya, almumium tidak bisa ikut terbakar sehingga dampak yang merugikan bisa diminimalkan. Kelebihan lainnya, meski merupakan produk dari industri modern, tapi saat ini kusen aluminium juga bisa dibuat dengan tampilan yang disesuaikan dengan keinginan serta selera penggunanya. Ada yang dicat dengan warna-warna yang menarik. Selain itu ada pula kusen alumunium yang diberi lapisan dari bahan kayu sehingga punya tampilan yang lebih alami.
Dibanding dengan bahan yang lain, kusen aluminium juga lebih mudah perawatannya. Jika ada kotoran yang menempel tinggal membersihkannya dengan kain lap yang dibasahi air. Dan yang lebih menarik lagi, alumunium juga tidak bisa berkarat serta tidak ada jamur yang bisa tumbuh di tempat itu.

Untuk masalah harga, kusen alumunium juga lebih ekonomis dan tidak membutuhkan dana yang begitu besar. Dan bukan saja pada harga pembelian produknya saja yang lebih irit, namun juga pada ongkos pemasangan dan perawatan karena punya jangka waktu pemakaian yang lebih lama. Demikian pula dengan daya tahannya, kusen aluminium lebih awet.
cara mengunakan kusen alumunium maupun teknik pemasangannya juga jauh lebih mudah dilakukan. Sistem yang dipakai untuk pemasangan tersebut adalah sistem fischer. Teknik seperti ini kekuatannya bersumber dari sekrup fischer yang dipasang dengan cara dibor lalu dimasukan bersama kusen dan dirapatkan pada dinding yang sudah diplester. Hanya yang perlu diperhatikan adalah, perhitungan ukuran dan sudutnya harus dilakukan secara cermat karena jika terjadi suatu kesalahan sedikit saja bisa menimbulkan akibat yang fatal dalam pemasangannya.
Agar bisa mendapatkan hasil yang sempurna, pilih sekrup yang diberi lapisan anti karat. Jadi jika dindingnya kemasukan rembesan air, sekrup tetap terpasang dengan kuat dan tidak bisa terlepas. Meski terlihat sepele namun bagi yang belum berpengalaman kesalahan seperti ini masih sering terjadi. Demikian pula dengan bahannya, pilihlah kusen yang kualitasnya paling bagus sehingga alumunium tersebut tidak mudah mengalami pemuaian. Kusen aluminium yang tipis akan lebih mudah bengkok.
Teknik penyambungan antar sudut juga harus diperhatikan dengan cermat. Jika terjadi kesalahan akan memunculkan rongga atau lubang. Jika ini terjadi akan membuat air bisa masuk sehingga celah yang berada di dalam menjadi lembab dan merembes ke dalam dinding. Meski tidak dapat tumbuh di kusen, namun jamur tetap bisa muncul di dinding.
Karet yang dipakai untuk dijadikan penyekat pada alumunium dan kaca juga harus dipilih yang kualitasnya terjamin sehingga bisa melekat dengan erat dan tidak bisa terjadi kebocoran. Meski tidak punya pengaruh terhadap kualitas pemasangan, namun kebocoran ini bisa membuat bentuk dan tampilan pintu atau jendela menjadi kurang bagus terutama ketika terkena siraman air hujan.

 kusen alumunium

pintu alumunium
jendela alumunium
pintu kaca
partisi

No comments:

Post a Comment